Extra Fan Penyebab Ac mobil Kurang dingin & Mesin Panas

Penyebab Mesin Panas Pada Mobil Akibat Fungsi Extra Fan Pada Ac Mobil

Mesin Cepat Panas Saat Ac Mobil Hidup Jika Extra Fan Mati
Penyebab Ac mobil Kurang dingin

Penyebabnya mesin mobil cepat panas waktu ac hidup yaitu karna extra fan yang berperan untuk mendinginkan atau buang panas kondensor ac tengah dalam keadaan tak hidup atau mati.

Temperatur Mobil Naik Waktu Ac Hidup atau Ac Dinyalakan

Dampak lain atau akibat yang diakibatkan bila extra fan ac mati atau tak berputar terkecuali mesin cepat panas yaitu ac mobil jadi kurang dingin. Extra fan ac mobil ada juga yang menyebutnya sebagai extra fan radiator karna lihat letak serta posisi yang melekat pada radiator serta penyebabnya extra fan ac mati juga bermacam, dari mulai habis karbon brush atau komutator pada motor extra fan atau rusaknya pada relay extra fan, sampai ke jalur perkabelan.

Umumnya peristiwa mesin panas waktu ac hidup seringkali didapati pada ac mobil yang condensor ac nya bersebelahan dengan radiator, mirip contoh pada opel blazer bila satu diantara kipas radiator mati, saat ac dihidupkan serta mobil jalan sebagian km. temperatur mesin bakal naik.

Extra fan ac mobil berdasar pada posisi peletakan extra fan.

Sesuai sama manfaatnya untuk menolong pendinginan kondensor ac mobil, ada banyak peletakan posisi extra fan sesuai sama keperluan pendinginan atau buang panas kondensor.

  1. Extra fan ada di depan kondensor ac mobil serta meniupkan angin dingin ke arah kondensor dari arah depan contoh mobil extra fan mobil Timor.
  2. Posisi Ektra fan ada di belakang kondensor serta radiator dengan cara berdampingan untuk berbarengan buang panas kondensor serta radiator, contoh nya ialah opel blazer, nissan sunny.
  3. Untuk ac mobil yang memakai kian lebih satu kondensor jadi extra fan ada di semasing kondensor, di mana peletakan kondensor jauh dari radiator, serta dapat diliat pada mobil Travello.
  4. Motor cooling fan yang sekalian berperan sebagai extra fan, adalah satu motor cooling fan dengan dua speed, pada low speed bekerja waktu ac hidup serta pada high speed waktu temperatur kerja mesin serta waktu high pressure switch ac bekerja, untuk yang ini misalnya yaitu limo, new limo, vios, new vios.
  5. Motor cooling fan sekalian menggantikan manfaat sebagai extra fan tanpa ada ketidaksamaan kecepatan terbaik waktu ac mobil hidup atau waktu temperatur kerja mesin terwujud. Contoh kerja extra fan seperti ini dapat di dapatkan di mobil Avanza.

Extra fan kondensor serta radiator pada Chevrolet Zafira

Lain lagi bila kondensor ac tak berdekatan dengan radiator mirip contoh KIA Travello, bila extra fan mati cuma bakal mengakibatkan ac tak dingin saja, tidaklah sampai mengakibatkan mesin panas atau temperatur tinggi naik.

System Kerja Ekstra Fan Ac Mobil

System kerja motor extra fan pada ac mobil umumnya berbarengan dengan hidup ac mobil, saat ac ON kipas extra fan akan berputar untuk mendinginkan kondensor atau berdasar pada temperatur air radiator.

Untuk extra fan yang bekerja berdasarkan temperatur air radiator, ada sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator seperti misalnya yaitu pada toyota Crown th. 2001 yang masih tetap memakai visco fan radiator dengan maksud saat ac mobil dihidupkan namun kendaraan dalam posisi diam, extra fan bakal bekerja menolong visco fan radiator yang berputar di rpm rendah.

Untuk tahu apakah kendaraan memakai motor extra fan atau tak yaitu dengan lihat kipas yang ada di sekitaran radiator. Bila cuma ada satu kipas atau satu fan artinya kendaraan tak memakai kipas yang di sebut extra fan. Namun satu kipas radiator itu juga sekalian berperan untuk extra fan serta fan radiator mirip contoh pada mesin Avanza serta Xenia.
Extra Fan Penyebab Ac mobil Kurang dingin & Mesin Panas | Tri Sunenti | 5