Penyebab Starter Berat Dan Cara Mengatasinya

Waktu mobil distater pastinya bakal bingung memastikan komponen mana yang merupakan penyebab starter berat dan rusak. Apakah aki yang telah soak atau malah motor starter atau dinamo starter yang rusak atau mungkin saja terlebih memanglah mesin yang berat untuk berputar karna ada sisi mesin yang macet.

Penyebab Mesin Susah Di Starter Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Starter Berat Dan Cara Mengatasinya
Mesin susah di starter

Untuk meyakinkan komponen mana yang rusak waktu starter mobil berat diantara aki serta dinamo starter dapat di kerjakan dengan cara-cara menanalisa penyebab starter berat berikut:

1. Mengukur tegangan aki mobil waktu cranking atau cranking engine


Baca disini: Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati
Pakai Avo mtr. atau volt mtr., simpan di terminal aki ujung alat ukur atau avometer itu. Terlepas sekring EFI atau IG maupun relay EFI lalu starter mobil dari kunci kontak, sembari cek pembacaan tegangan turun pada aki saat starter mobil, bila tegangan turun sangat jauh ada dibawah 10 volt peluang aki soak.

Bila tegangan aki tak turun dibawah 10 volt, anggaplah masih tetap ada di atas 10, 2 volt waktu mobil di starter namun starter mobil merasa berat peluang berlangsung rusaknya yaitu jalur kabel atau aliran arus listrik terhalang karna koneksi atau jalinan jalur kabel tak terbaik, ada peluang grounding jelek.

Untuk hal semacam ini silahkan saksikan artikel saya di Waktu mesin Panas tak kuat starter di situs (blog) ac-elektrik dot com yang telah migrasi atau dipindahkan ke Otomotrip. com

Langkah yang sama saja dapat pakai load tester, berapakah drop voltage atau tegangan aki waktu memakai load tester. Bila tegangan drop dibawah 9 atau di bawah 10 volt, aki rusak serta waktu aki nya di ganti.

2. Lakukan Pengukuran arus listrik ke Motor Starter


Untuk mengukur arus listrik yang mengalir menuju motor starter dengan memakai tang ampere, bila di kenali waktu lakukan pengukuran arus listrik dengan tang ampere nyatanya arus sangat besar kian lebih ukuran spesifikasi stater, artinya berlangsung short atau konslet pada field coil motor stater.

Catatan : Untuk motor starter dengan tenaga 1Kw atau 1000 watt, arus listrik mengalir ke starter sekitaran 80 an Ampere waktu starter diputar tanpa ada beban mesin, namun saat motor starter memutar mesin arus listrik mengalir sekitar pada 100 Ampere hingga 120 Ampere.

Jadi bila arus listrik yang terarah di atas 130 Amper untuk motor starter 1 Kw ada tanda-tanda bila motor starter yang short atau rusak.

Analisis yang lain, bila arus listrik mengalir sesuai sama spesifikasi serta starter masih tetap merasa berat dibarengi tegangan aki turun ada dibawah 9 volt waktu di stater artinya aki soak.

3. Langkah Paling Gampang untuk Mengetahui Penyebab Starter Berat


Ini langkah paling gampang serta tanpa ada alat untuk memastikan komponen mana yang rusak waktu starter mobil berat yakni pinjam aki yang masih tetap bagus.

Bila aki mobil telah di pinjamkan nyatanya stater mobil juga masih tetap berat tandanya berlangsung rusaknya motor starter atau jalur kabel. Perbaiki jalur kabel ke motor starter serta perbaiki dinamo starter.

Saat aki telah ditukar, starter telah ditest bekerja dengan terbaik serta perkabelan telah bagus, hal paling akhir yaitu buka busi serta putar puli crankshaft (poros mesin) dengan tangan memakai kunci, bila merasa berat memanglah mesinnya sebagai penyebabnya stater berat.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Mesin Injeksi
Gambar stang seker piston serta ring piston macet. Jadi hal lainnya yang menjadi penyebab mesin susah di starter yaitu ada komponen mesin yang macet seperti tampak gambar di atas yaitu gambar piston yang hangus akibat overheating mesin yang mengakibatkan stang seker tak dapat bergerak. Terkecuali piston yang macet mungkin saja karna rusaknya pada bantalan-bantalan poros mesin atau metal.
Penyebab Starter Berat Dan Cara Mengatasinya | Tri Sunenti | 5