Kenali Teknologi Canggih Sistem Audio Mobil Terbaru Yang Modern

Komponen sistem audio mobil modern saat ini menyatu dengan head unit. Bagi sebagian orang mungkin head unit audio mobil bukan hal yang penting, karena hanya media hiburan disaat mengemudi. Tapi banyak juga yang mengharapkan perangkat bisa diandalkan untuk mendengarkan berbagai genre musik. Maka perjalanan bisa sangat menyenangkan, dan dengan adanya sistem audio video, anak - anak yang duduk di belakang bisa menikmati perjalanannya.

Kenali Teknologi Canggih Sistem Audio Mobil Terbaru Yang Modern
Teknologi Canggih Sistem Audio Mobil Modern

Jika bicara soal dua aliran Sistem Audio Mobil terbaik saat ini, terdiri dari Sound Quality Loud (SQ) serta Soud Quality (SQL). Jika Anda adalah salah satu penggemar musik pop, klasik jaz, maupun country bisa memmilih SQ. Keunggulan dari sistem Audio SQ ini adalah kemampuannya dalam menggali dengan detail suara. Dengan begitu teknologi audio ini sangat kompatibel dengan level presisi rekaman.

Kemudian untuk type SQL memiliki dimensi suara yang lebih nyaring ketimbang SQ. Tiap musik yang keluar dari subwoofer mobil akan terdengar lebih tajam lagi. Meskipun demikian, untuk pengaturan SQL bisa Anda rubah menjadi SQ. Dengan kedua kombinasi tersebut akan lebih memungkinkan suara dengan dentuman yang sangat keras. Dan akan lebih maksimal bila di dukung dengan speaker aktif yang besar di bagian belakang.

Sistem Audio Mobil Terbaru
Sistem Audio Mobil Terbaru
Dengan perkembangan sistem audio mobil yang terus maju, maka jenis audio mobil terbaru dan model lawas, sudah jauh memiliki perbedaan. Tapi hal tersebut juga bisa dilihat dari harga audio mobil tersebut, bentuk, fitur maupun spesifikasinya. Nah,, berikut ini adalah kelebihan & sembilan fitur terbaru sistem audio mobil modern.

Baca disini: Cara ganti audio mobil tanpa mengganti Head Unit Standard

Teknologi Canggih Sistem Audio Mobil Terbaru

Pengaturan Audio Mobil Yang Lebih Lengkap

Head Unit - Sistem audio mobil modern
Head Unit Mobil Terbaru

Untuk pengaturan sistem audio mobil, pada Head Unit mobil model lawas pun sebenarnya sudah ada. Tapi berkat perkembangannya, saat ini sudah makin canggih dan lengkap. Tak ubahnya seperti prosesor yang cara kerjanya satu kontrol untuk semua aplikasi audio mobil didalamnya. Disini pengguna sangat mudah untuk mengatur volume, amplifier, equalizer, time alignment hanya pada satu sistem.

Dukungan Teknologi Layar Sentuh

Teknolgi canggih sistem Audio mobil
Teknologi canggih layar sentuh sistem Audio mobil

Yups! Touch Screen, seperti halnya smartphone terbaru saat ini yang populer dengan teknologi touch screen nya. Untuk tiap layar sistem audio double din pun sudah banyak yang menerapkan teknologi canggi ini. Hanya dengan satu jari saja, pengguna mudah menjalankan berbagai aplikasi pada head unit mobil. Seperti halnya untuk  musik, film, hingga pada pengoperasian sistem navigasi.

Kamera Parkir

Kamera mobil
Kamera Untuk Mobil

Jika dulu spion adalah 1-1nya pedoman parkir mobil, tapi tidak untuk saat ini. Berkat berbagai inovasi dan teknologi yang canggih, saat ini ada kamera khusus untuk mobil yang bisa di jadikan pedoman untuk memarkirkannya. Denagan begitu, untuk berparkir sudah tidak lagi melirik spion, tapi hanya dengan melihat layar monitor pada head unit.

Televisi Untuk Mobil

Tv Untuk Mobil

Ingin menghibur keluarga yang duduk di belakang? Dengan Audio double din, Anda punya monitor televisi. Selain Itu ada juga mobil dengan TV analog, diantaranya ada juga yang sudah memasang teknologi digital. Atau ingin memasang lebih dari satu monitor di dalam mobil. Anda tinggal memilih mana yang sesuai budget dan kebutuhan.

Koneksi USB

TV mobil

Untuk saat ini, terobosan baru yang paling menggemberikan adalah adanya koneksi USB. Dengan demikian memungkinkan Anda untuk menyetel musik dari flashdisk atau smartphone canggih. Cara menyambungkan musik tersebut bisa dilakukan dengan memasukkannya pada terminal USB pada head unit, bisa juga dengan bantuan kabel khusus.

MirroLink

Car audio mobil - Head Unit - MirroLink

Sejak tahun 2009, sebenarnya kita sudah menggenal apa yang namanya MirrorLink, melalui demonstrasi Terminal Mode oleh Magneti Marelli dan Nokia. Dan Teknologi tersebut adalah sistem pengendali smartphone yang berpindah ke head unit mobil terbaru Anda. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat seluruh aplikasi yang ada di dalam ponsel canggih melalui monitor. Dan cara pengoperasianya secara penuh via touch screen maupun perintah suara.

Baca disini: Cara Menghubungkan HP ke Mobil

DVD Audio Mobil

DVD Player

Jika tape mobil lawas hanya bisa memutar kaset maupun CD, dengan inovasi terbaru saat ini sudah bisa memutar DVD ataupun VCD player. Jadi sekarang Anda juga bisa nonton film melalui monitor audio mobil.

Perintah Suara

Perintah suara pada sistem audio mobil

Pada model sistem audio mobil baru, teknologi voice command terwujud berkat latar belakang keamanan mengemudi. Meski mugkin dari segi keamanan tetap menganggu konsentrasi, tapi pengemudi tetap bisa menerima panggilan serta menelepon di saat memegang setir. Karena dengan teknologi baru ini pengemudi tidak lagi harus memegang ponsel, tapi cukup dengan perintah suara.

Dukungan Koneksi Internet

Sambungan internet pada audio mobil

Lagi-lagi tidak hanya smartphone canggih, sistem audio mobil juga bisa berselancar di dunia maya itu. Untuk terkoneksi dengan internet, bisa melalui pemasangan SIM card khusus internet untuk head unit mobil. Atau dengan WiFi dari ponsel Anda. Setela terhubung, otomatis sistem audio mobil ini akan mencari jaringan data smartphone.

Teknovanza.com
Sampai disini ulasan Teknovanza.com mengenai fitur Sistem Audio Mobil modern. Tapi untuk masalah lengkap dan tidaknya fitur diatas, semua tetap tergantung dari spesifikasi head unit mobil Anda. Dan untuk bisa menikmati sistem hiburan di dalam mobil beserta setiap kemudahan yang ada, tentunya Anda perlu head unit mobil terbaru yang canggih. Semoga ulasan ini bisa memberi masukan dan bermanfaat sebagai bahan referensi Anda.
Kenali Teknologi Canggih Sistem Audio Mobil Terbaru Yang Modern | Tri Sunenti | 5