Komponen Terbaik Untuk Sistem Audio Mobil Yang Bagus

Komponen Perangkat Audio Mobil


Head unit adalah perangkat audio mobil yang berfungsi sebagai pusat kontrol sinyal suara untuk memainkan CD/DVD player. Dan Amplifier digunakan untuk memberikan kekuatan daya dan memperkuat head unit. Sedang speaker audio mobil pastinya untuk menghadirkan suara musik untuk di dengar. Kemudian Subwoofer digunakan untuk memberikan efek suara agar lebih empuk untuk di dengar.
Komponen Terbaik Untuk Sistem Audio Mobil Yang Bagus
Sistem Audio Mobil Yang Bagus
Tujuan dari tiap komponen audio mobil diatas adalah untuk memaksimalkan sistem stereo. Alasan kepraktisannya dalam hal instalasi paket audio mobil menjadi kelebihan bagi pengguna untuk membelinya. Dan tiap perangkat audio juga sudah sesuai dengan spesifikasinya untuk menghadirkan suara musik yang berkualitas tinggi. Dengan banyaknya merek dan type, saat ini sangat mudah menemukan pilihan yang sesuai harga termurah dan termahal. Harga audio mobil memang bukan satu satunya dasar untuk menentukan kualitas, terlebih bila perangkat itu sekelas.

Komponen Sistem Audio Mobil


Head Unit Untuk Audio Mobil

Sistem HU adalah otak dari semua sinyal audio, dan sistem stereo head unit berfungsi untuk menjadikan kualitas suara agar lebih bagus. Kemudian fitur berupa equalizer bertugas membatasi frekuensi suara. Dan fungsi lainya adalah untuk menyesuaikan frekuensi berdasarkan genre musik. Untuk nada tinggi melalui Hight pass filter dan Low pass filter nada rendah.

Head unit audio mobil dikontrol dengan processor digital time alightment dalam mengatur posisi dan arah suara. Umumnya untuk interior mobil yang memiliki akustik buruk perlu di minimalisir menggunakan time alightment atau processor serta equalizer.

Bagian - Bagian Perangkat Audio Mobil

Komponen Terbaik Sistem Audio Mobil
Komponen Terbaik Sistem Audio Mobil

Power Amplifier

Agar bisa menikmati musik berkualitas tinggi di dalam mobil, diperlukan amplifier mobil berkualitas bagus. Di tiap toko audio mobil sekarang ini sudah banyak bermacam merk dan jenis amplifier yang terbaik untuk sistem audio mobil. Yang perlu diperhatikan dalah dengan mentukan yang paling ideal sesuai genre musik yang di inginkan.

Pilihan membeli power amplifier 4 kanal ataupun yang monoblok, tetap bergantung pada jenis musik yang ingin didengar. Tapi type Ampli multi kanal yang mudah pemasangannya merupakan pilihan rekomendasi terbaik bagi pemula. Meski untuk kisaran daya tidak begitu besar ampli tersebut juga sebagai kekuatan daya speaker dan subwoofer yang multi fungsi. Jadi type Ampli 4 chanel lebih dari mumpuni jika sekedar untuk menambah daya speaker dan subwoofer, sistem pengaturannya pun sudah lengkap.

Fitur dan bagian-bagian amplifier ini memiliki kanal depan yang digunakan untuk speaker dan untuk subwoofer ada kanal belakang. Bagian Rear RCA hight, front RCA, low pass filter sebagi pengatur frekuensi cut off. Selanjutnya untuk kontrol lainnya berupa bass boost, pengatur frekuensi, dan gain level input. Cara mematikan ampli secara otomatis pada head unit mobil bisa melalui jalur terminal kelistrikan terdiri berupa kabel accu, ground dan kabel remote.

Speaker Audio Mobil

Tiap sistem audio mobil memerlukan speaker mobil, karena bertugas menghadirkan frekuensi gelombang suara. Merk Speaker terbaik sudah banyak yang tersedia di toko audio mobil sekitar Anda, tentukan jenis dan model yang paling sesuai dengan selera musik agar bisa menikmati musik dengan suara yang berkualitas.

Speaker Audio Mobil terdiri dari polypropelene, paper cone + surround rubber. Polyprolene dan kevlar karbon adalah bahan yang sering ditemukan pada merk speaker berkualitas. Dari tiap Speaker jenis split 2 way dan 3 way maupun coaxial speaker, punya kelebihan yang berbeda. Untuk type Speaker split bermanfaat untuk sistem stereo system, dengan komponen, sepasang pasif crossover midrange, ditambah  tweeter. Dan untuk coaxial tiap komponen berada dalam satu speaker saja.

Cara pemasangan type Coaxial cukup mudah karena tidak terdapat pasif crossover, begiti cara cara instalasinya. Bagi pengguna yang menginginkan suara yang detail untuk staging juga tonal balance di rekomendasikan membeli speaker 3 way. Karena jenis Speaker audio mobil ini terdiri dari midrange, tweeter + midbass yang terpisah. Untuk pemasangan Midbass dilubang pintu mobil, dan tweeter serta midrange dipasang pada atas dashboard menggunakan fiberglass. Dan cara instalasi sistem audio mobil berupa speaker 3 way ini lebih memerlukan waktu lebih lama, karena Anda harus menyiapkan dudukan speakernya.

Subwoofer Mobil

Fungsi subwoofer mobil adalah untuk mengoptimalkan kualitas audio untuk nada rendah. Dengan subwoofer akan tercipta efek suara audio mobil yang lebih hidup. Pernahkah Anda mendengarkan efek suara gemuruh pada suatu filem, ya suara gemuruah tersebut asalnya dr subwoofer. Jika Anda suka dengan suara hentakan nada efek bass dari subwoofer, bisa memilih ukuran subwofer mobil 10, 12 inch atau yang 15 inch.

Spesifikasi Subwoofer Audio Mobil

  • Kekuatan daya Subwoofer mobil - Ketahui peringkat daya RMS yang merupakan ukuran satuan daya murni sub woofer. Dan RMS dalam mengukur kekuatan penanganan / output yang terus menerus memiliki ukuran yang jauh lebih real kerimbang PMPO. Sebaiknya selalu memastikan penanganan daya sub untuk output daya poer amplifier.
  • Sensitivitas - Merupakan sub dengan rating sensitivitas yang lebih tinggi dengan energi lebih sedikit dalam menghasilkan nilai sensitivitas yang lebih rendah pada suara.
  • Rentang frekuensi - Ini adalah gambaran subwoofer mobil bekerja. Tapi juga kinerja sub bisa bergantung pada banyak variabel.
  • Jenis box - Untuk Jenis Box sub sendiri berpengaruh besar untuk jenis suara. Jika itu adalah kotak sub sealed maka suara bass lebih dalam dan nada rendah lebih akurat. Tapi pada type box sub porting dan bandpass akan menghasilkan efek suara bass yang panjang.
  • Kumparan suara - Pilihan jitu untuk pengguna audio mobil yang ingin lebih banyak daya pada sound sistem adalah dengan Subwoofer double voice coil. Karena type subwoofer single voice coil, berupa kumparan suara tunggal jika mengiginkan suara bass yang sedang, sebab kekurangan daya.
  • Ukuran woofer - Sudah pasti, ukuran sub berperan penting dalam keras dan tidaknya suara tiap system audio mobil.Tapi perlu juga untuk memperhatikan tingkat sensitivitas juga daya power amp nya. Jika kabin bagasi Anda memungkinkan untuk sistem audio mobil dengan suara bass yang kuat ukuran subwoofer besar bukan kendala.
  • Impedansi - Pada paket audio mobil umumnya subwoofer dengan 4 ohm impedansi serta 8 ohm impedansi daya yang dihasilkan makin besar, jka sub kecil beli amplifier yang cocok dengan rating daya maupun impedansi.

Saat ini Perangkat sistem audio mobil baru sudah banyak yang menghadirkan kualitas tinggi. Sebab mereka juga berlomba mengembangkan komponen sistem audio dengan teknologi, seperti keinginan konsumen. Semoga Informasi Komponen Terbaik Untuk Sistem Audio Mobil Yang Bagus ini bisa bermanfaat.
Komponen Terbaik Untuk Sistem Audio Mobil Yang Bagus | Tri Sunenti | 5