Small MPV Termahal Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia

Memperbandingkan dengan Daihatsu Xenia. Apa yang dapat dibanggakan oleh Daihatsu Xenia di banding small MPV (Small Multi Purpose Vehicle) termahal di Indonesia ini?

Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia


Performa Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia

Small MPV Termahal Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia

Small MPV Termahal Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia

Small MPV Termahal Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia
Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia

Masalah mesin, Xenia terang kalah. Xenia awalannya di jual dalam dua pilihan mesin, yaitu 1, 0 liter serta 1, 3 liter. Mesin 1, 0 liter kepunyaannya persis sama juga dengan mesin Ayla, city car di kelompok Low Biaya Green Car (LCGC). Namun Xenia dengan mesin ini, resmi dihentikan produksinya paska kehadiran Sigra, LCGC Daihatsu yang lain yang berpenumpang 7-orang.

Tersisa mesin 1, 3 liter Dual VVT-I yang bertenaga 97 PS di 6. 000 rpm dengan torsi puncak 120, 6 Nm pada 4. 200 rpm. Output Xenia tidak sepadan dengan perform mesin Grand Livina yang memiliki semakin besar. Sekarang ini, Nissan Grand Livina di jual memakai mesin 1, 5 liter yang bertenaga 109 PS pada 5. 600 rpm dengan torsi puncak 143, 1 Nm pada 4. 000 rpm. Bahkan juga waktu awal kehadiran Grand Livina, mobil ini di jual dalam pilihan mesin 1, 8 liter. Sayang type ini telah tidak di produksi sekali lagi.

Baca disini Mobil MPV Paling Irit Bensin Plus Ramah Lingkungan

Begitu juga untuk masalah transmisi. ada dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed serta automatis 4-speed. Disamping itu, Grand Livina sedikit lebih moderen dengan pilihan transmisi automatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission). Pastinya pilihan transmisi konvensional manual 5-speed juga tetaplah disiapkan.

Feature ke-2 mobil, memanglah bukan yang paling baik di kelasnya. Maklum, keduanya bukanlah yang termuda juga. Umumnya mobil yang lebih baru hadir dengan feature yang lebih lengkap untuk menggoda customer, seperti tombol start-stop dsb. Jadi bisa dimaksud feature bukanlah jaminan nilai paling utama Grand Livina ataupun Xenia.

Kita bicara varian teratas, Xenia type R Sporty diberi headunit 2-DIN monitor sentuh dengan peranan GPS (Global Positioning Sistem), konektivitas AUX serta USB. Monitor audionya bisa menghadirkan camera parkir. Namun sayang, lingkar kemudi belum juga disematkan tombol penyusunan audio.

Sesaat Grand Livina HWS Autech gunakan head unit monitor sentuh 7-inci, sedikit lebih lengkap fiturnya. Karna, telah ada feature mirroring yang dapat menirukan penampilan pada smartphone serta menjalankan beberapa aplikasi di dalamnya. Monitornya dapat menghadirkan gambar yang di tangkap camera parkir. Cuma memanglah, feature navigasi belum juga terintegrasi pada system multimedia Grand Livina. Namun di Grand Livina HWS Autech, audionya dapat dioperasikan lewat tombol-tombol di lingkar kemudi. Bahkan juga lingkar kemudinya telah dibalut kulit! Nissan juga memberikan roof monitor memiliki ukuran 10-inci untuk penumpang belakang Grand Livina. Kok dapat? Ini kami terangkan dibawah.

Kenyamanan Serta Kepraktisan Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia


Banyak yang mengaku Grand Livina merasa tambah nyaman di banding small MPV manapun yang mengedar di market sekarang ini. Mungkin saja, karna Grand Livina mempunyai ground clearance yang terendah di banding pesaing yang lain. Jarak pada permukaan jalan dengan sisi basic mobil yang tidak sangat tinggi, buat mobil lebih menjejak ke aspal serta tanda limbung yang muncul minim. Kwalitas bantingan suspensi juga mendukung peredaman. Namun konsekwensinya, Grand Livina mempunyai daya jelajah yang tidak sebagus pesaingnya. Karna pengemudinya mesti lebih penuh perhitungan waktu melalui jalanan berlubang ataupun saat menerjang genangan air.

Bukanlah bermakna kabin Xenia tidak nyaman. Nyaman juga, namun tidak senyaman Grand Livina. Terlebih saat Nissan tingkatkan kwalitas kesenyapan kabin Grand Livina pada 2016. Lantas apa kelebihan Xenia tentang kenyamanan kabin? AC double blower. Ya, pendingin kabin Grand Livina tidak double blower. Sebentar dahulu, ini bukanlah tanpa ada argumen. Nyatanya, Nissan sediakan lubang embusan AC Mobil  dari konsol tengah untuk penumpang belakang. Hebatnya, atapnya jadi dapat digunakan untuk menempatkan roof monitor jadi hiburan untuk penumpang belakang. Toh embusan angin dingin dari lubang AC dimuka serta center console masih tetap cukup mendinginkan suhu kabin hingga ke baris paling belakangnya meskipun. Tidak hingga buat penumpangnya mesti kipas-kipas karna kegerahan.

Mempunyai panjang 4. 485 mm, lebar 1. 695 mm serta tinggi 1. 595 mm, dimensi Grand Livina lebih panjang 345 mm serta lebih lebar 35 mm di banding Xenia. Jadi ruangan didalam kabin Grand Livina merasa masih tetap cukup untuk menyimpan 7-penumpang. Ruangan kaki baris ketiganya, memanglah tidak demikian lega. Sama dengan penumpang baris paling akhir Xenia. Hanya, Xenia yang lebih tinggi, tawarkan ruangan kepala yang lebih terbaik. Bukanlah bermakna ruangan kepala Grand Livina mepet. Karna tempat duduk Grand Livina lebih rendah seperti tempat duduk mobil sedan yang nyaman.

Kursi baris ke-3 Grand Livina, dapat ditidurkan rata sejajar lantai mobil. Pelipatannya juga gampang. Tidak seperti kursi baris ke-3 Xenia yang merepotkan karna sesudah dilipat mesti disenderkan ke kursi baris ke-2. Lantas kursi baris ke-2 Grand Livina miliki konfigurasi pelipatan 60 : 40. Jadi, sandaran kursi dibagian tengah dapat digunakan jadi arm rest lengkap dengan dua buah cup holder. Perhatian Nissan pada detil kenyamanan penghuni kabin Grand livina, memanglah layak dapat acungan jempol. Bahkan juga untuk varian X-Gear, jok Grand Livina telah dilapisi bahan suede!

Feature Keselamatan serta Keamanan Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia


Mulai sejak diremajakan pada 2016, feature keselamatan serta keamanan Grand Livina ditingkatkan. Terkecuali sensor parkir serta camera parkir, saat ini semuanya type Grand Livina diberi feature standard Dual SRS Airbags. Sama dengan Xenia. Cuma saja, Xenia type termahalnya meskipun tidak di dukung rem ABS (Anti-lock Braking Sistem). Berlainan dengan Grand Livina yang menempatkan rem ABS, EBD (Electronic Brake-force Distribution) serta BA (Brake Assist) untuk type terkecuali SV.

Untuk feature keamanan, yang memiliki karna mesin Xenia cuma dapat dihidupkan memakai kunci aslinya. Feature immobilizer yang krusial untuk keamanan kendaraan waktu diparkir diluar tempat tinggal, belum juga ada pada Grand Livina type apa pun.

Rangkuman serta Harga Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia


Secara singkat, di banding Grand Livina. Di semuanya bidang, perform, feature hiburan, kenyamanan serta kepraktisan, hingga aspek keselamatan serta keamanannya juga Xenia kalah berkompetisi. Ada memanglah sebagian kelebihan Xenia, seperti kunci immobilizer, AC double blower serta navigasi. Kenyamanan memanglah masih tetap jadi point paling utama dari Grand Livina. Point kelebihan paling utama Xenia yaitu harga jualnya.

Xenia paling murah di jual mulai Rp 180. 450. 000 serta termahalnya Rp 215. 100. 000. Banding dengan Grand Livina yang di jual mulai Rp 208, 4 juta hingga Rp 264, 3 juta. Harga ini meletakkan Nissan Grand Livina jadi small MPV termahal di Indonesia sekarang ini.
Small MPV Termahal Nissan Grand Livina VS Daihatsu Xenia | Tri Sunenti | 5