Tips Memilih Oli, Encer atau Sesuai Ukuran Kekentalan

Oli atau minyak pelumas mesin adalah cairan kental yang berperan untuk merawat semua komponen dalam mesin serta menaikkan umur gunakan mesin. Lapisan-lapisan dalam oli yang bagus berperan untuk menghindar gesekan antar logam komponen mesin, hindari keausan, membuat perlindungan komponen dari karat, serta bersihkan dinding mesin. Pada intinya semuanya type oli sama, yaitu jadi pelumas supaya mesin jalan mulus serta bebas masalah. Namun tingkat kekentalan dalam tiap-tiap pelumas diperuntukkan untuk kepentingan mesin yang berlainan, umpamanya mesin diesel yang mempunyai temperatur tinggi sudah pasti memakai oli yg tidak sama juga dengan mesin besin.


Tips Memilih Oli, Encer atau Sesuai Ukuran Kekentalan
Tips memilih jenis oli mobil Sesuai ukuran kekentalan

Jika oli yang dipakai tidak cocok dengan karateristik mobil Anda, jadi dengan perlahan-lahan perform mesin juga akan alami penurunan serta kendaraan tidak menjangkau kemampuan yang maksimum. Mengakibatkan mesin juga akan jadi cepat panas serta aus karna aliran oli tidak lancar, dan ada peluang air masuk ke ruangan mesin yang bisa jadi parah rusaknya komponen mesin. Oleh karenanya, berikut banyak hal yang perlu di perhatikan untuk memastikan oli seperti apa yang pas untuk mobil Anda.

4 Tips Memilih Oli Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda


Oli berperan untuk melumasi mesin mobil supaya tidak sama-sama berbenturan keduanya. Supaya mesin dapat selalu bekerja dengan mulus, jangan pernah Anda salah pilih oli untuk mobil. Karena yang diakibatkan tidak remeh lho, karna dapat buat tenaga mesin selalu alami penurunan.

Memanglah, umumnya montir di bengkel keyakinan juga akan mereferensikan type oli yang pas untuk mobil Anda. Tapi, Anda juga harus ketahui seperti apa sich oli yang pas untuk kendaraan yang dipunyai. Inilah keterangan komplitnya untuk Anda.


Sudah Mengerti Ciri-khas Mesin


Hal pertama yang perlu dipahami yaitu spesifikasi mesin kendaraan dan lingkungan Anda berkendara (suhu, kelembapan angin, debu, dsb). Umumnya kendaraan pada musim panas juga akan memerlukan oli yang berlainan dengan kendaraan pada musim dingin. Namun karna musim di Indonesia tidaklah terlalu ekstrim, jadi Anda bisa temukan info sekitar teknologi mesin serta type oli yang pas dari buku panduan atau ajukan pertanyaan pada bengkel resmi. Apa pun merk oli yang Anda pakai, sepanjang spesifikasinya bisa di terima oleh mesin mobil jadi keamanan mesin kendaraan Anda terjamin.

Langkah paling sederhana untuk pilih oli yang pas untuk mobil adalah dengan lihat manual book yang diikutkan waktu pembelian. Biasanya didalam buku itu diterangkan tentang spesifikasi mesin serta type oli yang pas. Hal paling perlu adalah kecocokan dengan mesin dan mutunya, bukanlah merk!

Ketahui Ukuran kekentalan oli


Kekentalan oli punya pengaruh pada perform, karna oli yang terbaik yaitu oli yang memiliki kekentalan stabil atau mempunyai ketahanan pada suhu rendah serta suhu tinggi. Mobil dengan mesin generasi baru memerlukan pelumas yang lebih cair seperti SAE 10W30, sedang mobil diesel atau mobil dengan tenaga besar memerlukan pelumas yang lebih kental seperti 20W50. Bersamaan perubahan teknologi zat aditif, walau oli yang dipakai encer namun mempunyai daya lumas yang bagus seperti oli Deltalube.

Walaupun mempunyai peranan yang sama, namun oli tidak bisa membuat perlindungan mesin dengan maksimum bila kandungannya tidak cocok dengan ciri-khas mobil Anda. Umumnya ketidaksamaan itu bisa diliat dari kekentalan cairan oli. Tingkat kekentalan dengan kata lain viscosity-grade ini diperlihatkan dengan nomor SAE.

Makin besar angka yang ada di belakang kode SAE, jadi itu tunjukkan konsentrasi cairan yang lebih kental. Jadi contoh, oli dengan kode SAE 15W-40. Kode itu tunjukkan kalau kekentalan pada keadaan winter (WAE) yaitu 15 sesaat waktu panas 40.

Cari Tahu Bahan Pembuatan Oli


Oli mobil dibedakan jadi dua type berdasar pada bahan yang dipakai. Type yang pertama adalah oli sintetis yang di buat dari berbaga bahan kimia dengan karakter aditif. Disamping itu yang ke-2 adalah oli mineral yang terjadi dari ekstraksi minyak bumi, dengan kata beda lebih alami.

Oli sintetis bisa bermanfaat lebih maksimum saat dipakai untuk mobil-mobil pabrikan baru. Keunggulan dibanding oli mineral juga semakin banyak, salah satunya yakni :

Kandungan penguapan lebih rendah karna relatif stabil bila terserang suhu tinggi
Tahan pada gesekan serta melumasi mesin dengan lebih baik
Lebih ekonomis karna tahan pada oksidasi
Bisa melindungi kebersihan mesin karna memiliki kandungan detergen

Dan Jauhi Oli Palsu


Saat ini demikian banyak oli abal-abal yang mengedar di market. Terkadang oli ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah, namun sang penjual sering memberi gimmick yang buat Anda yakin. Hati-hatilah, ketahui tanda-tanda oli palsu berikut ini :

Oli biasanya berwarna kunging jernih seperti minyak kelapa sawit. Oli yang palsu umumnya lebih pekat serta warnanya hitam gelap. Oli palsu juga akan merasa kasar waktu dipegang dengan ke-2 jari karna ada kandungan logam
Bau dari oli palsu begitu tengik seperti hasil dari bekas (second) pembakaran

Ganti-ganti Oli, Bisa?

Kadang-kadang ada orang yang terus menerus memakai satu merk oli spesifik saja untuk mobilnya. Sesudah ketahui ada merk yang semakin bagus, ia sangsi karna takut hal itu bisa merubah keadaan mesin. Sesungguhnya bolehkah Anda ganti-ganti merk oli untuk mobil?

Bisa saja! Seperti yang telah dijelaskan terlebih dulu, merk serta harga bukalah penentu paling utama dari kwalitas oli mobil Anda. Yang paling perlu, oli itu mempunyai kekentalan yang sama untuk type mesin. Ingat! Waktu lakukan pergantian merk, menguras habis oli sisa supaya tidak ada sisa pembakaran dari oli lama.

Kontrol Keadaan Oli

Oli bukan hanya berperan jadi pelumas mesin saja! Ada manfaat beda yang butuh Anda kenali yakni jadi pelindung karat, melindungi stabilitas suhu mesin, serta pembersih dan menutupi celah dinding mesin.

Cukup banyak bukanlah peranannya? Oleh karenanya, sesudah pilih oli yang pas untuk mobil Anda, janganlah lupa untuk mengecek keadaan serta volume nya dengan teratur. Bila tidak, tidak cuma mesin saja yang bisa terserang efeknya, mungkin saja komponen mobil beda juga turut rusak karna kekeliruan itu.

Untuk Anda yang menginginkan beli mobil bekas (second), mengecek keadaan serta volume oli mesin mobil incaran juga sangat perlu. Anda dapat ketahui kwalitas mesin dari keadaan oli-nya. Satu diantara tanda-tanda mesin mobil bermasalah yaitu bila oli seperti berpasir atau telah tercampur air. Bila Anda temukan keadaan oli sesuai sama itu, Anda mesti siaga.

Kwalitas oli lewat kode American Petrolium Institue

Oli yang bagus mesti melampaui standard kualitas sesuai sama tuntutan perkembangan teknologi mesin serta permesinan. Ada dua kelas dalam API, yakni kelas Services yang mengisyaratkan pelumas mesin untuk bensin. Contoh API : SL, SJ. Kode huruf ke-2 tunjukkan tingkat kwalitas oli, makin mendekati huruf Z jadi kualitas oli makin terbaik dalam membuat perlindungan komponen dengan susunan film serta makin pas dengan keperluan mesin moderen. Untuk kelas Commercial umumnya dipakai untuk mesin diesel.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini Anda dapat pilih oli yang sesuai sama hingga mobil Anda

Pelumas Transmisi Baru untuk Mobil Matik


Populasi mobil bertransmisi matik telah makin banyak, terutama di kota-kota besar. Satu diantara argumen yaitu orang-orang tidaklah perlu ribet mengubahkan gigi karna cukup memijak pedal gas serta rem saat menjalankan mobil. Lihat potensi yang makin besar, Shell Lubricants meluncurkan pelumas transmisi spesial untuk mobil matik, yaitu Shell Spirax S5 ATF X. Peluncuran ini adalah bentuk prinsip kami untuk penuhi keperluan pelanggan sesuai sama perubahan teknologi transmisi kendaraan. Pelumas itu diberi dengan synthetic technology yang didesain untuk penuhi keperluan type mobil matik di Indonesia.

Teknologi ini dapat juga melindungi kemampuan transmisi lebih stabil walau dalam keadaan panas meskipun hingga faedah pelumas bisa dirasa lebih lama. Kelebihan beda, diklaim dapat kurangi gesekan hingga tingkatkan efisiensi bahan bakar minyak. Beragam kelebihan itu diinginkan dapat menjawab keperluan customer Indonesia dalam merawat komponen mobilnya jadi lebih gampang.

Tags: oli 10w-40 untuk mobil, jenis oli mesin mobil bensin, kode oli mesin mobil, jenis oli mobil, oli 10w-40 untuk motor, tips memilih oli, ukuran kekentalan oli, tips memilih oli mobil