Tips Memilih Merk Aki Mobil Yang Berkualitas Bagus dan Awet

Aki adalah satu diantara komponen yang cukup vital dalam satu mobil. Peranan aki sendiri yaitu untuk menaruh listrik yang mana nanti juga akan disalurkan untuk menyalakan semuanya komponen listrik yang berada di dalam mobil. Karenanya lah peranan aki cukup perlu hingga pemilihannya juga butuh di perhatikan dengan terbaik. Terlebih sekarang ini banyak type mobil yang diperlengkapi dengan komponen elektronik yang cukup banyak, hingga peranan aki demikian perlu dalam menggerakkan starter untuk menghidupkan mesin mobil.

Namun sama seperti dengan komponen listrik yang lain, aki juga mempunyai masa gunakan serta nanti tidak bisa bekerja maksimum sekali lagi. Untuk menangani hal semacam ini sudah pasti jalan keluar yang pas yaitu lakukan pergantian aki yang lama. Nah untuk putuskan beli aki yang baru, pastinya ada banyak hal yang butuh anda cermati. Kesempatan ini juga akan mengulas selanjutnya tentang panduan pilih aki mobil yang benar.



Tips Membeli Aki Mobil Yang Berkualitas Bagus dan Awet

Tips Memilih Merk Aki Mobil Yang Berkualitas Bagus dan Awet
Merk Aki Mobil Yang Berkualitas Bagus dan Awet

1. Beli Di Tempat Yang Terpercaya


Hal pertama yang butuh anda kerjakan yaitu dengan beli aki mobil ditempat yang terpercaya, seumpama bengkel resmi, toko onderdil mobil, maupun toko spesial aki. Toko yang terbaik serta terpercata sudah pasti juga akan memberi referensi terbai untuk aki mobil yang sesuai sama keperluan dari kendaraan anda. Kemungkinan pilih toko yg tidak terpercaya yaitu mungkin saja anda memiliki aki rekondisi yang mana dilabeli jadi barang baru.

Yakinkan juga untuk memiliki garansi tentang vitalitas aki yang baru. Bila system kelistrikan mobil memanglah jalan normal, jadi baik umur pemakaian aki bisa berjalan 1. 5 sampai 2 th.. Namun bila kurang jadi tunjukkan bila ada problem pada aki itu. Janganlah lupa untuk pilih toko aki yang tawarkan sarana antar-jemput. Hal semacam ini perlu terlebih peristiwa aki yang rusak bisa berlangsung kapanpun serta dimana saja.

2. Yakinkan Beli Aki Mobil Yang Sesuai


Dalam pilih aki mobil, yakinkan untuk beli aki mobil yang memanglah sesuai sama spesifikasi mobil anda. Dari mulai type serta type mesti sesuai sama standard bawaan dari mobil anda. Bila juga anda menginginkan lakukan upgrade, yakinkan bila voltage aki mesti sama dan kenaikan amper pada aki mobil tidak lebih dari dari 15% dari standard ampere mobil anda.

3. Pilih Aki Basah atau Aki Kering


Terdapat banyak type type aki mobil, dari mulai aki kering serta aki basarh. Aki kering mempunyai peforma yang semakin bagus bila dibanding dengan aki basah. Namun aki kering mempunyai kekurangan pada daya tahannya yang kurang pada panas dan harga nya yang sedikit lebih mahal. Namun sudah pasti sebandingkan dengan keawetannya yang bisa jadikan jadi bahan pertimbangan. Namun bila anda pilih aki basah, jadi lebih terbaik untuk mengecek keadaan dari cairan elektrolit yang berada di dalamnya. Yakinkan bila volume cairan aki ada di antara batas maximum serta minimal.

4. Cermati Kemampuan Aki


Janganlah lupa untuk memerhatikan kemampuan aki mobil itu, terbaik aki basah ataupun kering mempunyai kemampuan serta ukurannya semasing. Saat anda beli aki mobil yang baru, jadi yakinkan untuk mengecek ukuran, dimensi, ampere, serta tegangan yang dipunyai aki itu. Yakinkan telah sesuai sama standard yang dipunyai mobil anda. Supaya memiliki aki yang lebih awet serta tidak gampang soak, semakin lebih terbaik tidak untuk pilih aki dengan tegangan yang semakin besar dibanding standard mobil anda. Pilih aki yang bertegangan semakin besar juga akan menyebabkan rusaknya komponen kelistrikan dalam mobil anda.

5. Pikirkan Merk Aki Mobil Yang Juga akan Dipilih


Terdapat beberapa aki mobil yang bagus serta berkwalitas di market yang bisa anda tentukan untuk mobil anda. Namun semakin lebih terbaik untuk pilih merk-merk aki yang memanglah telah terpercaya di market. Terdapat banyak merk aki dari mulai Amaron, GS, Yuasa, Delkor, serta banyak yang lain. Merk-merk ini bisa anda pikirkan karna mempunyai kwalitas serta keawetan yang terpercaya.

6. Jauhi Beli Aki Rekondisi


Hal yang paling perlu dalam panduan pilih aki mobil yaitu yakinkan tidak untuk beli aki rekondisi atau bekas (second). Aki rekondisi cuma juga akan mengakibatkan permasalah pada mobil anda yang pasti merugikan nantinya. Mungkin saja anda tidak mau beli aki bekas (second) namun kadang-kadang terdapat banyak penjual yang menipu dengan jual aki rekondisi jadi aki yang baru.

Walau tidak semuanya toko atau penjual lakukan hal itu, namun semakin lebih terbaik untuk waspada untuk hindari penipuan begini. Karenanya perlu nya beli aki ditempat yang memanglah telah terpercaya mutunya.

Terkecuali pilih aki mobil yang baru serta berkwalitas, janganlah lupa selalu untuk merawat aki mobil anda supaya keadaannya tetaplah terbangun dengan terbaik. Ada cara-cara merawat aki mobil yang bisa anda kerjakan sendiri dirumah. Hingga keadaan aki mobil bisa awet serta tahan lama. Mudah-mudahan info di atas bisa berguna buat anda.

Merk Aki Mobil Yang Berkualitas Bagus Murah serta Tahan Lama


Aki mobil adalah sisi perlu didalam satu kendaraan, bisa disebutkan kalau aki mobil adalah sisi vital didalam satu mobil. Tidak ada aki mobil, pastinya kendaraan anda tidak dapat dinyalakan. Diluar itu, aki juga mempunyai peranan yang lain yang tidak kalah perlu diantaranya yaitu :


Alat untuk penyedia arus listrik yang bisa dipakai untuk penerangan, starter listrik, atau beberapa hal yang lain yang terkait dengan kelistrikan mobil.
Dan pastinya untuk penyetabilan tegangan mobil dan dipakai jadi back up apabila alternator tidak dapat penuhi kelebihan beban yang datang dari system kelistrikan mobil.
Pada mobil keluaran paling baru, aki dipakai jadi sumber arus listrik yang bisa dipakai untuk system operasional (ECU) mobil. Hingga apabila supplay listrik terputus, jadi pastinya mobil tidak dapat dipakai dengan harusnya.


GS Astra (Rp. 600 – 1, 5 Jt)


Aki mobil paling baik yang lain yang di merekomendasikan buat anda yaitu GS Astra. Aki mobil ini memanglah telah tidak asing di kelompok penggemar otomotif karna peformanya yang begitu kuat serta pas dipakai untuk kendaraan dengan iklim di Indonesia. Untuk harga, aki GS Astra ini di bandrol dengan hara sekitar dari 600 ribu hingga 1, 5 juta rupiah. Aki mobil GS Astra ada dalam sebagian type, diantaranya yaitu type maintenance free, hybrid, VRLA, dan premium.

Kelebihan dari type aki type maintenance free diantaranya yaitu :

  1. Desainnya yang kuat serta pas untuk dipakai pada iklim tropis
  2. Tidak membutuhkan perawatan
  3. Tidaklah perlu mengecek keadaan air aki, serta bahkan juga anda juga tidak pelu menaikkan air aki. (bacalah juga : Langkah Menangani Mobil Mogok)
  4. Mempunyai daya start yang tinggi.
  5. Bisa menaruh daya dalam periode waktu yang lebih lama.
  6. Bebas dari karat.
  7. Pas dipakai pada kendaraan yang tidak sering dipakai atau keadaan mesin. dingin.

Kelebihan dari type aki type hybrid, diantaranya yaitu :

  1. Karna memakai teknologi hybrid, buat penguapan air aki jadi lebih rendah hingga sistem menambahkan aki lebih lama dibanding type aki yang lain. (bacalah juga : Langkah Bersihkan Headlamp Mobil)
  2. Siap gunakan, hal semacam ini karna didalam aki telah terisikan accu zuur serta setrum.
  3. Diperlengkapi dengan tanda elektrolit yang bisa dipakai untuk ketahui keadaan permukaan, isi, daya setrum dari aki mobil.
Kelebihan dari type aki type VRLA, diantaranya yaitu :

  1. Bebas perawatan. Hal semacam ini karena karna pemakaian teknologi Valve Regulated Lead Acid yang buat aki tidak memerlukan menambahkan atau pengecekan air aki.
  2. Aki bisa siap gunakan segera, karna telah terisikan accu zuur serta setrum.
  3. Anti tumpah serta anti bocor, hal semacam ini karna aki memakai separator AGM.
  4. Tahan lama dipakai.
  5. Karena di desain supaya bisa menyimpan elektrolit yang mempunyai kosentrasi tinggi, buat type aki ini bisa mempunyai daya start yang tinggi. (bacalah juga : Kelebihan serta Kekurangan Mobil Avanza)
  6. Daya setrum tersimpan lebih lama karna di buat dengan bahan grid lead calsium.
  7. Lebih aman dipakai karna ada katup pengaman (valve) yang bisa melepas gas apabila berlangsung over charging yang bisa buat aki kembung. Diluar itu dengan terdapatnya teknologi ceramic filter dapat juga buat aki terlepas dari kemungkinan ledakan

Kelebihan dari type aki type premium serta premium kit diantaranya yaitu :

  1. Kwalitas nya telah terpercaya, awet, serta tahan lama.
  2. Daya start semakin besar serta sistem penyetruman jadi lebih cepat karna memakai separator polymion yang bisa buat kekuatannya 30% jadi lebih tinggi.
  3. Telah diperlengkapi dengan accu zuur yang bisa buat kerja aki lebih maksimum serta tahan lama.

Aki GForce (Rp. 400 – 1, 2 Jt)


Bisa disebutkan apabila merk aki ini yang seringkali dipakai oleh umumnya orang karna mutunya yang memanglah telah terpercaya. Aki GForce ini begitu direferensikan untuk mobil yang memerlukan system pengapian yang prima untuk hasilkan peforma yang lebih maksimum. lebih tahan pada panas. Hal semacam ini karna aki GForce Umumnya aki ini dipakai oleh type kendaraan bus, pickup, sampai truk besar. Aki GForce ada dalam dua type aki yang dapat and apilih, yakni type aku kering serta aki basah. Di bawah ini sebagian kelebihan dari aki GForce :

Grid Casting

Aki mobil terbaik ini di buat dengan bahan Lead Alloy dengan komposisi spesifik hingga hasilkan aki yang bisa dipakai dalam periode waktu yang lebih lama. Ada dua type pilihan aki berdasar pada material pembuatnya, yakni Calsium Lead Alloy serta Antimony Lead Alloy.


Envelope Separator

Aki mobil merk GForce menggunakan separator envelope yang terbuat dari Microponus Silica Polyethylene, dengan ukuran pori-pori berskalMicron yang bisa menghindar terjadinya korsleting. Diluar itu electrical resistence nya yang rendah akan menghasilakn daya start yang lebih tinggi.


Plate

Untuk plate terbuat dari bahan material aktif yakni timah murni dengan spesifikasi impurities nya yang rendah serta formula nya yang spesial. Diluar itu, bahan material aktif ini dipadukan dengan Chemical Additive yang bisa buat peforma mobil lebih terefisiensi serta pemakaiannya lebih tahan lama dan tidak gampang rontok.


Cast On Strap

Pada merk aki mobil terbaik GForce punya system pencetaka (casting) Flaf Connector, Terminal dengan mesin automatis, serta Bush Bar yang bisa buat kwalitas product tetaplah terbangun dengan terbaik.

Untuk kisaran harga nya, type Aki GForce ini di bandrol dengan harga yang bermacam sesuai sama spesifikasinya, dari mulai 400 ribu rupiah sampai 1, 2 juta rupiah.


Aki Yuasa (Rp. 500. 000)


Merk aki yang lain yang paling baik adalag Aki Yuasa. Aki Yuasa adalah satu diantara product dari Yuasa Batterai Indonesia. Aki mobil ini memanglah di kenal juga akan bahan baku nya yang berkwalitas serta sistem perakitannya yang systematik serta mempunyai kecermatan yang tinggi. Via mesin dengan produksi serbuk timah hitam yang moderen saat ini terbuat timah hitam dengan kwalitas yang tinggi jadi bahan basic dari aki mobil ini. Hingga kwalitas aki Yuasa tidak butuh diragukan sekali lagi. Aki Yuasa ini bisa dipakai untuk beragam jenis merk mobil. Harga dari Aki Yuasa ini sekitar dari mulai 500 ribu rupiah. Di bawah ini sebagian kelebihan dari Aki Yuasa.

Termasuk juga kedalam type aki tertinggi yang popular dengan kwalitas terbaiknya dan tahan lama digunakan

Memiliki bahan baku yang berkwalitas.
Sambungan plat-plat aki presisi serta prima hingga menanggung kekokohan dari aki Yuasa ini.

Bisa dipakai segera tanpa ada butuh isi daya penambahan.

Beberapa jenis dari aki keluaran Yuasa ini diantaranya yaitu :

New Pafecta, type Aki Yuasa type dry charghe yang bisa buat batterai dapat disimpan lebih lama.
Maintenance Free AMB, type AKi Yuasa yang mempunyai kelebihan bebas perawatan namun mempunyai kemampuan yang begitu tinggi. Pas dipakai pada daerah tropis serta tidak membutuhkan menambahkan air.
DIN Jenis, type aki yang umum dipakai pada mobil-mobil keluaran Eropa. Aki ini berjenis dry charge yang bisa buat batterai bisa bertahan lebih lama.

Yang terutama dalam pembelian Aki mobil yaitu yakinkan apabila kwalitas mobil memanglah bisa terpercaya serta sesuai sama mobil anda. Hingga peforma mobil bisa jadi lebih maksimum. Itu barusan beragam keterangan merk-merk aki mobil paling baik yang direferensikan buat anda. Mudah-mudahan info di atas bisa menolong.