7 Teknologi Mobil Masa Kini Yang Begitu Memanjakan Penggunanya


Dari tahun ke tahun perkembang dunia teknologi semakin melaju pesat. Perkembangan teknologi ini mencakup di semua bidang. Termasuk teknologi di bidang otomotif.

Teknologi di bidang otomotif kini pun menjadi semakin canggih. Termasuk teknologi yang di terapkan pada kendaraan berjenis mobil.

Teknologi canggih yang di tanamkan pada mobil di masa kini 'di gadang gadang' akan semakin memanjakan penggunanya. Dan tentunya akan semakin memberikan kenyamanan dan juga keamanan saat di kendarai.

baca juga


Mengingat, permintaan kendaraan berjenis mobil juga semakin meningkat di pasaran. Maka para pabrik produsen mobil selain berlomba lomba meningkatkan jumlah produksi, mereka juga berlomba meningkatkan teknologi yang di terapkan pada mobil produksi mereka.

Tujuan para perusahaan pabrikan mobil semakin mempercanggih teknologi yang di terapkan pada mobil produksi mereka adalah untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna. Dan hal ini pun akan menjadikan sebuah daya tarik bagi pembeli. Mengingat persaingan penggunaan kendaraan berjenis mobil ini semakin ketat di pasaran.


Bahkan teknologi yang di terapkan di masa mendatang akan semakin canggih. Seperti apa yang sudah di lakukan honda, pabrikan milik jepang yang satu ini akan melakukan inovasi baru menggunakan  smart intersection technology. Yaitu sistem keamanan ketika kendaraan berada di persimpangan jalan.

Dengan menggunakan sistem ini akan mengurangi resiko kecelakaan yang sering terjadi di persimpangan jalan. Dan baru-baru ini honda telah mendemonstrasikan kecanggihan teknologi mereka ini di ohio, amerika .

Kecanggihan teknologi yang lain yaitu teknologi mobil terbang. Beberapa pabrikan mobil mewah yang sudah ternama seperti porsche, audi dan airbus akan segera merilis dan mewujudan mobil terbang ini.

Belum lagi perusahaan raksasa mitsubishi juga tak mau ketinggalan dengan merencanakan menerapkan kecanggihan head unit yaitu bisa mengakses google di dashboard pada masa mendatang.

Kecanggihan teknologi yang di tanamkan di masa kini pun sebenarnya sudah sangat hebat. Manuver yang di lakukan oleh para produsen mobil sekarang ini patut di apresiasi kan.

baca juga



Seperti apa teknologi canggih yang di tanamkan pada mobil di masa kini, simak ulasan berikut :

AUTOMATIC EMERGENCY BRAKE

AUTOMATIC Emergency brake adalah teknologi sistem pengereman darurat otomatis. Di mana sistem ini bekerja menggunakan sensor yang tertanam pada mobil tersebut.

Saat di kendarai Jika di depan ada objek yang terlalu dekat seperti ada mobil lain atau ada orang melintas di depan mobil maka sensor akan mengirimkan peringatan tanda bahaya.

Jika si pengendara lambat respon tidak segera menginjak rem, maka sistem ini akan bekerja dengan melakukan pengereman secara otomatis.

Teknologi ini di ciptakan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. Sudah banyak pabrikan Produsen mobil di jagat raya ini telah menerapkan teknologi ini seperti volvo, audi, bmw, honda, porsche, mitsubishi, toyota, nissan, mazda dan lain-lain.

TEKNOLOGI MOBIL OTONOM


Mobil otonom adalah mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa di kendarai oleh manusia. Mobil ini di lengkapi dengan sistem yang super canggih sehingga mampu berjalan sendiri tanpa awak atau sopir.

Inovasi mobil otonom atau mobil auto pilot sebenarnya sudah di kembangkan sejak tahun 2000an. Tesla adalah penggagas pertama mobil menggunakan teknologi otonom ini lalu jejaknya di ikuti oleh peugeot, citreon dan pabrikan mobil lainnya.

SELF PARKING


Teknologi canggih yang selanjutnya adalah self parking. Self parking adalah teknologi mobil masa kini di mana mobil akan bisa melakukan parkir sendiri di tempat-tempat sempit.

Memarkirkan mobil di pinggir jalan yang sepi atau di tempat yang lapang adalah bukan hal yang sulit. Tapi bagaimana jika harus Memarkirkan mobil di tempat sempit yang sudah di jejali banyak mobil. Terutama bagi kaum hawa ini merupakan sebuah mimpi buruk.

Berkaca dari hal ini porsche lalu volvo dan pabrikan mobil lainnya menerapkan teknologi self parking sebagai jalan keluar masalah tersebut. Teknologi ini juga menggunakan sistem sensor dan sistem super canggih yang di sematkan kan pada mobil.

Baca juga


REM TANGAN ELEKTRIK


Rem tangan elektrik atau Electric Parking Brake (EPB) merupakan teknologi canggih yang menggantikan rem tangan manual atau konvensional. Yang sistem kerjanya lebih memudahkan dalam penggunaan. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik rem tangan ketika parkir.

Dengan adanya sistem rem tangan elektrik ini untuk mengaktifkan rem tangan cukup hanya menekan tombol saja. Selain mobil-mobil jenis premium Beberapa mobil yang telah menggunakan teknologi ini adalah pajero sport, honda HR-V cevrolet captiva dan lain-lain.

MOBIL TENAGA LISTRIK


Sesuai dengan namanya,Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan tenaga listrik. Daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mobil ini di simpan dalam baterai yang telah di sematkan dalam mobil ini. Jadi sistem kerjanya hampir sama dengan smartphone yaitu menggunakan baterai.

Mobil listrik ini di klaim sebagai mobil ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar yang menimbulkan polusi. Kabar gembira karena tidak lama lagi mobil listrik buatan honda dan toyota akan segera di pasarkan di Indonesia.

SYSTEM DIGITAL DALAM MOBIL


seiring berkembang nya era digital pada masa kini, pabrikan produsen mobil juga tidak mau ketinggalan dengan menerapkan sistem yang digital pada mobil buatannya.

Teknologi yang di tanamkan pada mobil serba digital. Seperti kontrol kecepatan, kontrol mesin, kontrol keamanan, mengatur ac dan lain-lain. Sistem ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna dan semakin mempermudah dalam mengendarai mobil ini.

TEKNOLOGI VEHICLE TO VEHICLE (V2V)


Teknologi vehicle to vehicle (V2V) ini terbilang bukan inovasi baru dalam dunia otomotif. Teknologi ini sudah berkembang sejak lama.

Teknologi V2V ini adalah teknologi canggih dimana mobil bisa berbagi informasi dengan mobil lain. Misalnya jika mobil tersebut terjebak macet di suatu tempat, maka mobil tersebut akan memberikan informasi ke mobil V2V yang lain sehingga bisa di ketahui oleh si pengendara yang lain.

Selain bisa berbagi informasi jalan macet atau cuaca buruk mobil teknologi V2V juga akan memberikan informasi kapan waktunya mobil di servis.