Teknologi canggih Android Auto Solusi Kenyamanan Berkendara

Kemajuan Era digital dan teknologi semakin berkembang pesat termasuk teknologi yang di terapkan pada kendaraan berjenis mobil. Lihat saja perusahaan ternama Google yang sukses melahirkan android sebagai sistem operasi untuk smartphone, kini mengembangkan teknologi nya dengan menerapkan OS android pada sebuah mobil. OS Android ini di integrasi kan ke sebuah perangkat Head Unit . Sebuah teknologi mutakhir, mobil  memiliki fitur android yang di operasi kan melalui Head Unit atau dashcam yang tertanam pada dashboard.

Tidak hanya itu, pada tahun 2015 yang lalu google kembali menciptakan teknologi baru yang super canggih untuk mengintegrasikan sebuah smartphone android dengan head unit  yaitu Android Auto. Bersamaan dengan di umumkan nya Android TV dan Android Wear.

android-auto-0

Apa Itu Android Auto dan Apa Fungsinya? 


Android Auto adalah semacam aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan dan menjalankan fitur-fitur dari sebuah smartphone Android ke  Head Unit  sebuah mobil Yang tentunya kompatibel dengan Android Auto.

Android Auto ini ditanam kan pada perangkat Head Unit dengan sistem user interface.  Sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perintah melalui suara. Dan Untuk penggunaan nya smartphone di hubungkan dengan perangkat Head Unit tersebut. Melalui kabel USB, namun saat ini ada head unit keluaran terbaru yang bisa di hubungkan secara wireless.

Fungsi Android Auto ini memungkinkan pengemudi menggunakan fitur-fitur pada smartphone tanpa harus menyentuh smartphone tersebut. Karena semunya akan di kerjakan oleh asisten google pada Android Auto. Sehingga pengemudi akan lebih aman karena tetap bisa fokus menyetir mobilnya.

Pengemudi cukup hanya dengan mengeluarkan perintah suara, lalu asisten google pada Android Auto akan menjawab dan segera mengerjakan tugas sesuai perintah. Perintah bisa berupa meyuruh melakukan panggilan, membalas sms, memutar musik dan lain lain. Pada mobil yang kompatibel dengan Android Auto, untuk melakukan perintah ini cukup menekan tombol hand-free yang terletak pada kemudi.



Fitur lain yang di miliki Android Auto adalah navigasi Google Maps, memutar google play musik dan lain lain.

Aplikasi Android auto ini selain bisa di instal di head unit pada mibil, bisa juga di instal langsung pada smartphone yang aplikasi nya bisa di unduh  lewat playstore.  Dan hanya bisa bekerja pada Sistem Operasi Android versi Lolipop ke atas.

Penggunaan Android Auto ini selain akan mempermudah, di klaim akan mampu mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan karena pengemudi mempergunakan smartphone pada saat mengemudi.

Merk mobil yang telah menggunakan Android Auto


Android Auto ini telah digunakan oleh sekitar 40 pabrikan produsen mobil dan lebih dari 500 model mobil diseluruh dunia. Beberapa pabrikan mobil yang telah menggunakan Android Auto adalah :

  • Hyundai
  • Audi
  • Honda
  • Ferrari
  • General Motors
  • KIA dan lain lain.
Hyundai jenis Sonata 2015 adalah Mobil yang pertama kali menggunakan teknologi Android Auto.

Sebenarnya Android Auto ini bisa berfungsi pada semua jenis mobil. Selama sistem Head Unit yang di pakai pada mobil mendukung dan bisa di kompatibel kan dengan mobil. Contoh Head unit yang kompatibel dengan Android Auto adalah head unit Pioneer dan Kenwood. Baru baru ini pioneer merilis produk head unit nya yaitu AVIC-W8400NEX, W4400NEX, W6400NEX. Dan ini merupakan head unit pertama yang bisa terhubung ke Android Auto tanpa kabel.

Namun sayang nya fitur Android Auto ini hanya bisa di nikmati pada wilayah negara tertentu saja. Awalnya hanya di 10 negara, namun untuk saat ini bisa bisa di fungsikan di lebih dari 30 negara. Kemungkinan masih terus di kembangkan agar bisa di nikmati di semua negara.